Selamat Hari R.A Kartini


Raden Ajeng kartini lahir di Jepara Jawa tengah pada tangga 21 April 1897 merupakan pahlawan nasional yang lebih dikenal dengan sebutan Raden Ayu kartini. R.A Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuam pribumi.
R.A. Kartini berasal dari kelas bangsawan Jawa yang merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ari Sosronigrat, seorang patih yang diangkat menjadi Bupati Jepara saat itu. R.A Kartini merupakan anak dari Istri pertama yang bernama M.A Ngasirah. R.A Kartini merupakan anak pertama dari 11 bersaudara.
R.A Kartini menikah dengan Bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat pada tanggal 12 November 1903. Keinginan R.A. Kartini didukung oleh suaminya untuk mendirikan sekolah wanita. Nama R.A. Kartini mulai dikenal luas setelah meninggal dunia pada tanggal 17 September 1904 pasca melahirkan anak pertama yang bernama Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 September 1904, dengan bukti penemuan surat-surat yang dikirim kepada temannya di Eropa yamg mengispirasi banyak orang juga mampu mengubah pola pikir wanita.
Berterimaksihlah kalian para wanita karir kepada R.A. Kartini, karena R.A. Kartini lah pelopor kebangkitan perempuan Pribumi. Selamat hari Kartini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »