Tiga tips mudah membantu rekan andan menghadapi masalah




Bercerita tentang kehidupan.
Banyak orang yang salah mengartikan arti dari kehidupan. Banyak diantara anda yang pasti pernah mendengar beberapa curahan hati dari rekan-rekan anda tentang masalah yang sedang mereka hadapi. Bahkan ada diantara mereka sampai menangis karena tidak tau bagaimana menyelesaikannya.

Bagi kita yang mendengar, akan merasa iba terhadap masalah yang dihadapinya dan ingin membantu sesegera mungkin. Padahal untuk menyelesaikan Suatu masalah membutuhkan waktu untuk berfikir dan mengetahui apa penyebab timbulnya masalah.

Berikut ini, ada 3 tips mudah untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi rekan anda :

  1. Mengetahui penyebab timbulnya masalah.

Untuk menyelesaikan suatu masalah tentunya anda harus mengetahui dan memahami apa sebenarnya pokok penyebab terjadinya masalah. Jangan hanya mendengar sebelah pihak karena itu akan memberatkan sebelah pihak, bisa saja pihak yang anda dengar merekayasa kejadian sebenarnya, karena setiap orang pasti merasa dirinya yang paling benar. Jika tidak, maka bisa jadi akibat campur tangan anda permasalah akan bertambah rumit. 

2. Memotivasi.

Ada waktunya permasalahan yang dihadapi oleh rekan anda tidak bisa anda bantu secara langsung. Hal yang harus anda buat adalah memotivasi rekan anda agar kembali bersemangat untuk mengahadapi masalah dan tidak lari dari permasalahan yang dihadapinya. Terapkan rasa bertanggung jawab, dan terus memuji bahwa masalah tersebut mampu untuk dihadapi. Sikap yang harus anda jaga adalah menakuti rekan anda ketika mereka menceritakan permaslahan yang dihadapinya pada anda, karena itu akan membuat rekan anda merasa frustasi dan membenci anda sekali pun masalah yang akan dihadapinya sangat ringan bagi anda.

3. Memperhatikan

Setiap rekan anda yang menceritakan permaslahan yang dihadapinya kepada anda, itu tandanya rekan anda mempercayai anda dan meminta untuk memperhatikannya. Jangan tinggalkan mereka, terus menyemangati dengan saran-saran anda dan mendengar setiap keluhannya. Kebiasaan orang akan merasa bebannya berkurang setelah menceritakan kepada orang yang dipercayainya.

Itulah 3 tips untuk membantu rekan yang menceritakan permaslahannya kepada anda. Setiap orang pernah meraskan masalah baik itu ringan ataupun berat.

"Adanya tekongan dalam perjalanan ada, itu bukanlah akhir dari perjalanan anda, kecuali anda gagal berbelok". Kata tersebut memaknai "setiap masalah yang anda hadapi, itu bukanlah akhir dari segalanya, kecuali anda tidak mau mencari jalan penyelesaiannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »