"Puasa Mulus Kerjaan Fokus" dengan mengkonsumsi makanan ini...





Begitu banyak keistimewaan bulan ramadhan yang dapat diperoleh dengan cara berpuasa. Sungguh sangat disayangkan apabila Anda mengalami kondisi yang kurang fit sehingga tidak dapat melaksanakan ibadah yang satu ini (berpuasa). Untuk itu, jagalah kondisi anda agar tetap sehat dan segar bugar dengan cara menjaga pola makan anda. Berikut ini adalah jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi selama berpuasa, tentunya saat berbuka :
1.   Sayuran
Sayuran segar yang juga mengandung banyak serat, vitamin dan mineral merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi selama berpuasa, terutama saat makan sahur. Kandungan nutrisi dalam sayuran pun akan membuat tubuh anda tetap segar sepanjang hari walaupun menjalankan ibadah puasa.
2.   Buah-buahan
Banyak jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi selama puasa, seperti kurma , jeruk, apel, alpukat, melon, semangka, pisang, dan lainnya. Sebagaimana pendapat dari dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, buah tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh agar zat-zat yang hilang selama berpuasa bisa diganti.
3.   Ikan
banyak orang yang beranggapan dan lebih memilih daging sebagai sumber protein dari pada ikan. Padahal, tahukah anda bahwa ikan justru punya keunggulan yang sulit ditemui dalam daging, seperti Asam Lemak Omega 3, yang efektif untuk menjaga otak anda tetap encer selama berpuasa.
4.   Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah dan buncis mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak tak jenuh. Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan bisa menjaga stamina dalam tubuh sehingga rasa lapar bisa dikurangi. Bahkan, menurut ahli medis, Julie McGinnis,MS, RD, nutrisi pada kacang-kacangan juga mampu menjaga gula darah.
5.   Susu
Banyak orang yang berpendapat bahwa susu merupakan sumber makanan terbaik bagi tubuh. Selain kaya akan vitamin, zat besi, protein dan kalsium, susu pun mengandung zat gizi lainnya yang efektif sehingga tubuh tetap segar sepanjang hari, membuat anda tetap fokus dengan berbagai kegiatan anda.
But... pastikan anda mengonsumsi jenis susu murni tanpa gula tambahan.

Harus anda ketahui, kurangnya asupan makanan ataupun minuman saat berpuasa membuat asupan oksigen ke otak berkurang. Hal ini yang membuat badan kita cenderung lemas dan sulit berkonsentrasi selama berpuasa dan tentunya dapat mengganggu aktivitas kita setiap hari. Ingin puasa tetap lancar dan pekerjaan anda berjalan mulus, jagalah pola makan anda yang baik untuk dikonsumsi selama berpuasa.

Puasa Mulus Kerjaan Fokus !

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »