Ibadah tambahan dibulan Ramadhan



Ramadhan adalah satu bulan yang paling istimewa diantara 12 bulan lainnya. Ramadhan merupakan bulan  yang selalu dinantikan dan dibanggakan oleh umat muslim di dunia. Kini kita sedang berada di dalam Ramadhan.

Para umat muslim di dunia, mulai mengurangi sedikit waktu di bagian yang lain hanya untuk memperbanyak waktu untuk beribadah kepada Allah Swt di bulan suci Ramadhan.

Selain mengerjakan ibadah wajib seperti shalat wajib 5 waktu, berpuasa, umat muslim juga menambahkan dengan ibadah-ibadah sunat. Adapun ibadah tambahan yang dilakukan oleh umat muslim ketika Bulan Ramadhan antara lain :

1. Shalat Tarawih

Shalat Tarawih merupakan ibadah sunat yang dilakukan oleh umat muslim di dunia khusus di bulan Ramadhan. Shalat tarawih dilakukan secara berjamaah usai menjalankan shalat wajib (insya). Setelah selesai shalat terawih juga di lengkapi dengan shalat witir.

2. Tadarrus.

Tadarus merupakan lantunan ayat suci Alqu'an yang banyak dilakukan ketika bulan Ramadhan. Ketika Ramadhan tiba, bunyi bacaan Alqur'an lebih sering terdengar dari pada bulan-bulan lainnyan baik di mesjid, musallah bahkan di rumah-rumah warga.

3. Bersedekah.

Bersedekah tidak hanya dilakukan di bulan Ramadhan, akan tetapi, kapan dan dimana saja bisa dilakukan. Namun, kebiasaan orang lebih banyak bersedekah dibulan Ramadhan, mengingat untuk memperbanyak ibadah dibulan yang penuh berkah seperti saling berbagi untuk sasama.

4. Berzikir.
Perbanyaklah berzikir di bulan Ramadhan. Berzikir bisa di lakukan setelah shalat atau saat sedang jam istirahat kerja bahkan saat sedang bekerja sekalipun. Itu merupakan bonus tambahan untuk anda.

Akan tetapi kerjakanlah ibadahmu semata-mata karena Allah, jangan karena mengharap imbalan. Setiap perbuatan baik dan buruk akan diperhitungkan di "yaumil qiyamah". Mari kita tingkatkan ibadah kepada Allah dengan cara menjalankan semua perintah serta menjauhi segala larangan. Lebih-lebih dibulan yang penuh berkah ini.

"Selamat menunaikan ibadah puasa"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »