Hancur ! Antara komitmen dan egois...


Komitmen sifat penting yang harus dimiliki manusia. Setiap orang memiliki komitmen. Komitmen itu adalah Prinsip. Komitmen atau Prinsip memiliki peran penting dalam kehidupan. Tapi adakala prinsip itu membuat seseorang celaka. Contohnya, salah satu dari rekan kerja anda terlalu berambisi untuk memberi masukan terhadap suatu pekerjaan yang sedang dikerjakan, itu bagus, namun jika dikaji lebih detail pendapat rekan anda yang lain lebih cemerlang, kemudia dia merasa terabaikan akibat ambisi nya yang tidak terkendali, efeknya perpecahan pun terjadi. Jika perpecahan ini tidak menemukan titik terang, maka akan mengakibatkan konflik yang berkepanjangan yang beresiko terhadap pekerjaan.

Orang yang mempunyai komitmen/prinsip yang bersifat menguntungan pribadi sangat sukar menerima masukan dari orang lain. Karena dengan prinsip demikian, seseorang akan menjadi egois yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa menghiraukan kepentingan orang banyak.

Hal demikianlah yang membuat seseorang celaka.

Perbedaan pendapat merupakan variasi pola pikir manusia yang dapat dikembangkan untuk kemajuan individu maupun kelompok. Pola pikir berbeda seperti itu sangat penting dalam forum resmi untuk pengembangan pembahasan yang sedang dibahas. Permasalah yang terjadi dalam forum biasanya diakibatkan komitmen seseorang yang mempunyai jabatan lebih tinggi yang tidak mau menerima masukan dari orang lain. Pendapat yang di utarakan adalah yang paling tepat. Jika Komitmen atau prinsip seperti itu ada pada anda, maka itu yang harus anda ubah dalam diri anda.

Sebuah pekerjaan akan terasa lebih ringan bila dikerjakan bersama dengan Tim. Saling membantu dan kerjasama akan menghasilkan hasil yang maksimal. Jadi bersikaplah lebih rasional dalam pekerjaan anda.

Komitmen itu penting, tetapi harus disesuaikan agar tidak terjadi perselihan yang mengakibatkan kerugian terhadap perusahan tempat anda bekerja dan orang banyak. Teruslah berkarya tanpa harus mengorbankan kepentingan orang banyak hanya untuk kepentingan pribadi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »