4 menara termegah yang paling banyak dikunjungi di dunia






Secara garis besar menara dapat dikatakan sebagai monumen hasil rancangan manusia yang bentuknya cenderung lebih tinggi dari pada lebar bangunnanya. Menara biasanya dibangun untuk menjadi perhatian publik sebagai suatu peristiwa bersejarah atau sebuah tanda organisasi. Untuk membangun sebuah menara membutuhkan waktu yang lama agar terlihat indah dan cantik serta dapat menarik perhatian orang banyak.
Namun, adakalanya tujuan utama dibangunnya sebuah menara adalah untuk memelihara ruang dan tanah. Tak jarang pula menara dibangun untuk menjadikan lambang dari suatu negara atau daerah agar lebih mudah dikenali oleh masyarakat dunia. Itulah alasannya beberapa negara rela mengeluarkan kocek (biaya) yang fantastis sangat besar demi membangun sebuah menara raksasa dan megah. Bagi Anda wisatawan yang suka keliling dunia, berikut ada lima menara termegah dan melegenda di dunia yang wajib untuk anda kunjungi. 

 1. Menara Masjid Agung Samarra di Irak



Bagi anda wisatawan yang menyukai sejarah mendunia serta keindahan suatu negara nama Masjid Agung Samarra pasti sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Mesjid Agung Samarra ini memiliki bentuk yang unik dan menarik. Masjid Agung samarra ini  terletak di Samarra, Irak. Mesjid Agung Samarra adalah sebuah mesjid dari abad ke-9, yang dibangun pada tahun 848 dan selesai pada 851. Masjid ini dibangun oleh Khalifah Abbasiyah Al-Mutawakkil yang memerintah di Samarra dari tahun 847 sampai 861. Mesjid Agung yang satu ini sepenuhnya terbuat dari batu bata. Megahnya lagi, Masjid Agung Samarra ini memiliki menara setinggi 55 meter yang disebut menara Malwiya. Masjid ini juga memiliki 17 lorong serta dinding yang berpanel mosaik kaca berwarna biru gelap. 

2. Menara Miring Pisa di Italia


Menara unik yang kedua terdapat di Italia yang diberi nama Menara Miring Pisa. Menara Miring Pisa merupakan salah satu menara paling terkenal di dunia, yang terletak di kota Pisa, Italia. Menara miring ini memiliki tinggi mencapai 55,86 meter. Konon, Menara Pisa dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, akan tetapi mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Banyak orang yang ingin mengetahui identitas arsitek menara ini . namun Sayang, identitas dari arsitek menara ini masih menjadi perdebatan. Desain menara ini awalnya diyakini dibuat oleh Guglielmo dan Bonanno Pisano, seniman abad ke-12 yang juga berasal dari kota Pisa. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa Diotisalvi adalah arsitek asli dari menara miring tersebut. Hal ini juga masih menjadi perdebatan karena Diotisalvi dikenal sebagai orang yang selalu menandatangani setiap karyanya, dan sayangnya, para ilmuwan sama sekali tidak menemukan tanda tangannya di Menara Pisa. Sampai sekarang belum diketahui identitas yang jelas siapa arsitek menara Miring sebenarnya.

3. Menara Eiffel di Paris


Nah, ini dia menara paling sering dikunjungi didunia. Menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine Paris. Menara Eiffelvmenjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia. Siapa yang tak kenal dan tak tau dengan menara menara yang satu ini ? Menara yang menjadi lambang dari kota Paris ini merupakan salah satu landmark terkenal di dunia. Menara ini awalnya dibangun oleh Gustave Eiffel sebagai pintu masuk untuk Pameran Internasional Paris tahun 1889. Dengan ketinggian mencapai 300 meter, menara Eiffel menjadi menara tertinggi di dunia sampai tahun 1930 ketika Chrysler Building di New York selesai dirampungkan. Awalnya, desain menara ini menuai kritikan dari beberapa seniman dan intelektual terkemuka Prancis. Namun, Gustave Eiffel berhasil membuktikan bahwa menara rancangannya kini telah menjadi ikon budaya global Prancis dan salah satu struktur yang paling terkenal di dunia.

4. Menara Jam Big Ben di Inggris


Big Ben adalah nama yang merujuk pada sebuah menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster, London, Inggris Raya, dan merupakan menara jam terbesar kedua di dunia setelah menara jam "Royal Clock Tower" di Mekkah. Jam ini terletak di timur laut dari Rumah Parlemen di Westminster, London. Pasti anda penasaran kenapa alasan menara ini dinamai Big Ben? Big Ben sebenarnya adalah nama kecil dari lonceng yang terletak di dalamnya (dulunya adalah Great Bell). Menara ini juga dinamai The Tower of Big Ben, atau secara tidak tepat, Menara Santo Stephen. Menara ini juga termasuk tempat wisata paling terkenal di London. Banyak diantara mereka yang berlibur ke london, inggris, belum terasa puas jika belum mengunjungi menara megah ini.  Pada tahun 2012 lalu, secara resmi telah berganti nama menjadi Elizabeth Tower atau Menara Elizabeth. Hal itu dilakukan untuk merayakan Diamond Jubilee dari Elizabeth II. Selesai dibangun pada 1858. Megah menara ini menuai popularitas yang cukup signifikan sehingga membuat menara ini sering kali digunakan sebagai latar belakang film.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »