Ingin hidup sehat, jagalah kesehatan jasmani dan kesehatan rohani...

Siapa yang tidak mau hidup sehat?


Hidup sehat merupakan keinginan setiap manusia agar mampu menjalankan aktifitas normal seperti biasa. Kesehatan adalah faktor penunjang ketrampilan,  pola pikir,  kreatifitas manusia untuk menggapai prestasi yang membanggakan dalam berkarir.  Banyak diantara kita menafsirkan kesehatan seseorang terliahat berdasarkan kondisi fisik,  padahal tidak! Meskipun secara garis besar kesehatan seseorang dapat terlihat dengan kasat mata,  namun Kondisi fisik seseorang tidak sepenuhnya mengartikan bahwa orang tersebut dalam keadaan sehat ataupun tidak, hal tersebut hanyalah tebakan saja yang memiliki dua kemungkinan yaitu, iya ataupun tidak. Kondisi fisik yang terlihat dengan kasat mata seperti gemuk bukan berarti seseorang dalam keadaan sehat, terbukti banyak orang gemuk yang memiliki penyakit dalam seperti jantung, asma,  diabetes dan lain sebagainya.  Secara umum,  kesehatan yang sebenarnya terbagi dua,  yaitu:

‌¹. Kesehatan jasmani

Kesehatan jasmani adalah kesehatan lahir yang terdapat dalam diri manusia yang mampu dirasakan oleh organ tubuh bahwa kondisi seseorang tersebut dalam keadaan fit ataupun tidak.  Seperti halnya seseorang memiliki kelainan pada kondisi fisiknya sehingga harus menjumpai dokter spesialis  untuk berkonsultasi mengenai kelainan pada organ tubuh yang bertujuan untuk mendapat jawaban penyebab dari kelainan tersebut sehingga memudahkan seseorang untuk menindak lanjuti (perawatan). 

2. Kesehatan rohani. 

Kesehatan rohani merupakan kesehatan bathin yang dirasakan oleh seseorang yang berefek pada kondisi fisik orang tersebut menurun. Kesehatan rohani mencakup pada kesehatan akal. Contoh orang yang terkena penyakit rohani seperti keserupan.

Nah sobat,  itulah garis umum arti dari kesehatan.  Semoga bermanfaat dan dapat menambahkan ilmu pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan.  Karena benar,  mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

Salam jojayakata

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »